5 Fitur Ponsel Jadul yang Masih ada di Smartphone
Deretan Ponsel Lama

Dimasa yang serba canggih seperti sekarang ini, berbagai teknologi semangkin berkembang, tak terkecuali dengan perangkat ponsel yang semangkin lama semangkin canggih. Sebelum masa smartphone, ponsel jadul menjadi pilar komunikasi. Dibandingkan dengan ponsel pintar Sekarang, pada kenyataannya, ponsel lama tidak dilengkapi dengan fitur-fitur terkini, seperti kamera bokeh, asisten virtual untuk aplikasi jejaring sosial, dll.

Meski begitu, banyak fungsi ponsel lama dengan fungsi sangat berguna pada saat itu. Bahkan, sangat berguna bahwa sejumlah fitur yang tersedia di ponsel yang lebih lama masih dipertahankan di ponsel Smartphone sampai sekarang.

5 Fitur Ponsel Jadul yang Masih ada di Smartphone

Apa saja fitur -fitur pada ponsel jadul yang masih ada hingga saat ini. Berikut adalah 5 fitur ponsel jadul yang masih ada di Smartphone.

1. SMS

Salah satu fitur utama pada ponsel lama adalah SMS atau layanan pesan singkat. Sebelum chatting dilakukan menggunakan aplikasi messaging, pengguna pasti tidak akan lepas dari layanan ini.
Meskipun jumlah karakter dalam SMS terbatas pengguna tetap mengirim sms berulang kali. Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan SMS mulai dihancurkan oleh aplikasi messaging. Namun demikian, vendor smartphone tidak menghilangkan fitur ini. Beberapa pengguna juga masih menggunakan SMS untuk berkomunikasi dengan orang yang tidak menggunakan aplikasi pengiriman pesan.

2. Bluetooth

Ponsel jadul dari tahun 2000-an, seperti Nokia 6600 dan 7610, mulai menghadirkan koneksi Bluetooth untuk bertukar foto atau file video. Hingga saat ini Bluetooth masih tertanam di smartphone, tetapi penggunaannya tidak terbatas pada pengiriman foto, video atau file. Banyak vendor ponsel Smartphone menggunakan koneksi Bluetooth untuk menghubungkan ponsel pintar dengan aksesori cerdas, seperti jam tangan cerdas, headphone nirkabel, dan speaker portabel.

3. Infrared

Inframerah adalah salah satu fitur populer yang digunakan di ponsel lama. Melalui Infrared, pengguna ponsel lama dapat saling mengirim kontak, bermain game dengan pengguna ponsel lain, dan mengirim foto. Meskipun Inframerah kini digantikan oleh Bluetooth dan koneksi internet, beberapa smartphone masih memiliki fitur Inframerah.

4. Radio

Radio adalah fitur utama di ponsel lama. Karena tidak semua ponsel lama dilengkapi dengan pemutar musik, radio dapat menjadi sumber hiburan bagi pengguna. Meskipun fungsi radio mulai digantikan oleh layanan streaming musik atau pemutar musik, beberapa smartphone tetap menghadirkan radio sebagai salah satu fitur yang ada.

5. Recorder

Selain beberapa fitur-fitur di atas, kehadiran perekam juga dipertahankan pada hp smartphone sekarang. Meskipun ini terdengar sederhana, beberapa produsen Smartphone meningkatkan fiturnya, seperti perekam profesional.

Demikianlah ulasan singkat tentang 5 Fitur Ponsel Jadul yang Masih ada di Smartphone sampai sekarang, meskipun tidak semua merk smartphone memiliki fitur-fitur tersebut namun setidaknya satu dari fitur-fitur diatas masih terdapat pada smarphone keluaran terbaru.