Cara Flash Samsung J7 Prime SM-G610F

Tutorial Cara Flash Samsung J7 Prime SM-G610F - Samsung merupakan salah satu produsen Handphone terbesar didunia, berbagai merk serta tipe sudah beredar ke publik, salah satunya adalah Samsung J7 Prime. Samsung J7 Prime merupakan ponsel dengan seri J yang masuk ke Indonesia bersama jajarannya seperti J2 Prime dan J5 prime. Dari ke tiga seri tersebut jika dilihat dari desainnya selintas sama tak ada perbedaan yang mencolok, kecuali J7 prime merupakan seri yang tertinggi dari jajarannya tersebut. Samsung J7 Prime juga tak luput dari kerusakan seperti error, hang, mati atau yang lainnya.

Nah Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang spesifikasi serta keunggulan dan kekurangan samsung j7 prime serta teman-teman sekumpulannya. Namun sebaliknya saya akan membahas permasalahan yang sering terjadi pada HP samsung j7 prime. Jika anda pengguna samsung J7 Prime mungkin anda pernah mengalami hal yang tidak wajar pada saat menghidupkan samsung j7 prime seperti HP hang pada saat loading atau bootloop dan lain sebagainya. Nah untuk mengatasi hal tersebut anda membutuhkan panduan dasar memulihkan, sehingga anda bisa menyelesaikan beberapa masalah atau problem software yang terjadi.

Tutorial Cara Flash Samsung J7 Prime SM-G610F

Untuk melakukan flashing Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F dengan via Odin. Ada beberapa perlengkapan yang harus ada siapkan. Diantaranya adalah PC/laptop, kabel USB dan lain sebagainya. Berikut perlengkapan lengkap yang harus anda persiapkan.

Perlengkapan Flashing Samsung J7 Prime :
  • Perangkat komputer PC/laptop
  • Kabel USB kabel bawaan
  • Software USB Driver Samsung
  • Software Odin3_v3.12.5
  • Firmware SM-G610F_XID
Perlengkapan :
  • USB Driver Samsung
  • Odin3_v3.12.5
  • Firmware SM-G610F_XID
Setelah semua software diatas anda download, sekarang kita lanjut untuk Tutorial cara Flashing J7 Prime, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk ke Download Mode, dan pastikan HP Smartphone anda dalam kondisi daya baterai terisi minimal 60%.

2. Ekstrak semua file yang sudah anda download tadi menggunakan winrar, lalu Install USB Driver Samsung di pc atau laptop.

3. Matikan smartphone yang akan anda flasing, lalu hidupkan kembali dengan cara menekan tombol Vol (-) lalu tombol Home dan tombol Power. Tekan secara bersamaan ketiga tombol tersebut hingga smartphone anda muncul peringatan/warning

4. Setelah itu lepaskan ketiga tombol tersebut bersamaan, lalu tekan tombol Vol (+) satu kali sebagai perintah untuk masuk mode Odin dengan perintah teks Downloading.

Cara Flash Samsung J7 Prime SM-G610F

5. Hubungkan smartphone ke PC/laptop menggunakan kabel USB, Lalu jalankan aplikasi Odin dengan cara klik kanan kemudian pilih "Run Administrator", tunggu hingga ponsel j7 prime anda terhubung dengan Odin. Perhatikan dibagian kolom sebelah kiri pada aplikasi Odin, jika terdapat tulisan "Added" berarti ponsel sudah terhubung dengan odin.

6. Klik BL pada Odin dan temukan file BL yang menentukan nama yang sama dari firmware hasil ekstrak tadi, lalu silahkan klik AP kemudian pilih file AP yang ditentukan, kemudian klik CP dan pilih file CP yang menentukan nama yang sama, lalu klik CSC dan pilih file sejenis CSC.

Cara Flash Samsung J7 Prime SM-G610F

7. Setelah semua file sudah anda pilih sesuai dengan kolom yang diperintahkan maka lanjut klik Start pada Odin. Maka Proses flashing akan dimulai dan akan berlangsung selama beberapa menit.

8. Nah Ketika sudah menunjukkan PASSED maka flashing berarti telah berhasil. Silahkan lepaskan sambungan USB kabel dari smartphone. Reboot Smartphone dan sampai disini Samasung J7 prime anda telah berhasil di flash.

Perlu anda perhatikan bahwa Biasanya proses restart ponsel pertama kali setelah flashing sedikit lebih lama dari biasanya. Hal ini terjadi karena ponsel sedang melakukan install ulang sebuah progam yang baru saja anda masukan melalui metode flashing tadi.

Dengan demikian maka tutorial singkat tentang Flash Samsung J7 Prime SM-G610F terlah selesai, nah bagi yang membutuhkannya silahkan dipraktekan tutorial ini. Semoga bermanfaat.