Cara Ekstrak File RAR ZIP 7z di Android

Cara Ekstrak File RAR ZIP 7z di Android – Mungkin sebagian dari anda khususnya pengguna Smartphone masih ada yang belum mengetahui atau bingung cara ekstrak file hasil download dengan extension rar, iso, 7z, part, bin, vhd, unbk, tgz, img, zip di HP Android. Biasanya file tersebut memiliki jumlah ukuran banyak/besar seperti file game sehingga harus dikompres menggunakan RAR, ZIP atau yang lainnya. Untuk menginstal file yang terkompres dengan format RAR ataupun ZIP maka yang harus anda lakukan adalah meng-ekstraknya terlebih dahulu file tersebut, agar nantinya file bisa diinstal di hp android yang anda gunakan.

Ada banyak cara kompres atau ekstrak file dengan format RAR dan ZIP, salah satunya adalah cara yang akan saya bagikan ini. Langkah ini juga bisa anda gunakan untuk extract file rar menjadi iso bagi yang suka game ppsspp. Untuk itu disini saya akan memberikan panduan bagaimana cara mengekstrak file melalui android dengan memakai aplikasi Zarchiver.

Zarchiver merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengelola berkas file terkompresi di Android. Selain berfungsi untuk meng ekstrak/unzip unrar , aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengkompres file.

Cara Ekstrak File RAR ZIP 7z di Android

Sebelum anda mencoba tutorial ini, sebaiknya anda download terlebih dahulu aplikasi ZArchiver pada link yang sudah saya sediakan dibawah. Selanjutnya anda tinggal mengikuti cara berikut ini untuk meng ekstak file RAR atau ZIP di android.

1. Buka aplikasi Zarchiver yang sudah anda install, lalu cari file yang ingin anda ekstrak, jika sudah silahkan klik pada file RAR/ZIP sampai muncul menu, seperti gambar dibawah ini.

Cara Ekstrak File RAR ZIP 7z di Android

2. Selanjutnya anda tinggal pilih menu "Ekstrak Here" , kemudian tunggu beberapa saat hingga proses esktrak selesai , lama proses tergantung besar kecilnya ukuran file.

3. Jika proses ekstak sudah selesai, maka anda akan mendapatkan sebuah folder baru sesuai dengan nama file yang anda ekstak tadi, contoh seperti gambar di bawah ini


Setelah semua file RAR atau ZIP ter ekstrak maka anda tinggal membuka folder baru tersebut untuk kemudian meng-installnya dengan panduan yang ada.

Download ZArchiver Apk Gratis Dari PlayStore

Demikianlah tutorial singkat tentang cara Ekstrak File RAR, ZIP, 7z dan lain sebagainya di Android. Dan jangan lupa sebelum meng-ekstrak, tentukan terlebih dahulu file zip/rar yang ingin anda ekstrak, Serta pastikan ruang penyimpanan anda cukup.